Damnthelion > Updates > Tren Koding 2024: 10 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia
Tren Pemrograman 2024: 10 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia - Featured Image

Tren Koding 2024: 10 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia

Bahasa pemrograman adalah rangkaian kata-kata yang berisi instruksi atau perintah-perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang dapat dimengerti oleh komputer. Kemampuan untuk menguasai bahasa pemrograman ini sangat penting bagi seorang pengembang, karena ini memungkinkan mereka untuk membangun aplikasi atau perangkat lunak. Selain itu, dalam pembuatan aplikasi tertentu, bahasa pemrograman yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan dibuat.

Terdapat banyak bahasa pemrograman yang beragam. Dari berbagai pilihan bahasa pemrograman yang ada saat ini, para pengembang biasanya hanya menggunakan satu atau dua bahasa pemrograman dalam proses pengembangan perangkat lunak.

Peringkat Bahasa Pemerograman populer dari Desember 2022 hingga 2023 menurut survey dari TIOBE Programming Community Index

Menurut laporan dari Tiobe, sebuah lembaga riset yang telah berupaya untuk beberapa tahun menciptakan peringkat bahasa pemrograman yang populer di seluruh dunia, dalam TIOBE Programming Community Index edisi bulan Desember 2023, terdapat Python dan C yang terus menduduki posisi teratas sebagai bahasa pemrograman yang paling populer, masing-masing di urutan pertama dan kedua.

Peringkat Bahasa Pemerograman populer Januari 2024 menurut data Popularity of Programming Language

Sementara itu, dalam PYPL Popularity of Programming Language, yang juga merilis daftar bahasa pemrograman yang banyak digunakan hingga bulan Januari 2024, menunjukkan bahwa Python dan Java menduduki peringkat pertama dan kedua, sementara C berada di urutan keenam.

Jurnal yang berjudul “Evaluating the Popularity of Programming Languages in Indonesia using the MABAC Method” oleh Edi Widodo dkk. dari Universitas Semarang, melakukan penelitian untuk menciptakan indeks popularitas bahasa pemrograman di Indonesia menggunakan metode Multi-Attributive Border Approximation Area Comparison (MABAC).

Hasil Perhitungan Popularitas Bahasa Pemerograman oleh Edi Widodo dkk, menunujkkan bahwa Java dan SQL menjadi Bahasa Pemrograman yang paling dibutuhkan pada tahun 2020 hingga 2021.

Penelitian ini mengumpulkan data dari empat sumber, yakni Jobstreet.Com, LinkedIn.Com, Google Trends, dan Tiobe.com, selama periode Mei 2020 hingga April 2021. Hasilnya menunjukkan bahwa sepuluh bahasa pemrograman terpopuler di Indonesia adalah Java, SQL, PHP, JavaScript, C, C++, Python, C#, Visual Basic, dan Assembly.

Studi ini berguna bagi pengembang perangkat lunak, profesional TI, dan pembuat keputusan dalam memilih bahasa pemrograman yang sesuai untuk proyek perangkat lunak di Indonesia. Metode MABAC yang digunakan dapat diterapkan dalam konteks lain untuk mengevaluasi popularitas bahasa pemrograman.

Data ini mencerminkan popularitas bahasa pemrograman di seluruh dunia dan Indonesia. Dalam artikel ini, Damnthelion akan merangkum 10 bahasa pemrograman yang populer digunakan di Indonesia menggunakan Median Rank Method berdasarkan 3 sumber data yang telah disebutkan sebelumnya.

10 Peringkat Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia

Berikut adalah ulasan mengenai 10 bahasa pemrograman yang populer di Indonesia:

1. Python

10 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia - Logo Python
Logo Python

Dalam hierarki bahasa pemrograman, Python masuk dalam kategori bahasa pemrograman tingkat tinggi. Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi, baik itu berbasis web maupun mobile. Keunikan bahasa Python terletak pada kemudahannya, terutama bagi pemula, karena memiliki sintaks yang mudah dibaca dan dipahami. Banyak perusahaan besar, seperti Instagram, Pinterest, dan Rdio, memilih Python sebagai bahasa utama dalam pengembangan produk mereka. Selain itu, Python juga digunakan oleh para pengembang di perusahaan-perusahaan ternama seperti Google, Yahoo!, dan NASA.

Kalau kamu tertarik untuk mencoba Python, coba tutorial membuat Hello World di Python ini.

2. Java

10 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia - Logo Java
Logo Java

Java adalah bahasa pemrograman yang memiliki kemampuan untuk beroperasi di beragam platform, mulai dari komputer pribadi hingga perangkat mobile. Bahasa pemrograman ini pertama kali dikembangkan oleh Sun Microsystems pada tahun 1991 dalam proyek yang dikenal sebagai “The Green Project,” kemudian proyek tersebut diakuisisi oleh Oracle. Nama “Java” sendiri dipilih karena salah satu pendiri Java, James Gosling, memiliki ketertarikan yang besar terhadap kopi murni yang berasal dari pulau Jawa di Indonesia, yang dikenal sebagai kopi tubruk.

Keberhasilan Java sebagai salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer tidaklah tanpa alasan. Bahasa pemrograman ini memiliki sejumlah keunggulan, termasuk kemampuan untuk berfungsi di berbagai sistem operasi yang berbeda. Selain itu, Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang mengikuti paradigma pemrograman berorientasi objek (OOP), sehingga memudahkan para pengembang dalam merancang program dengan pendekatan ini. Selain itu, Java juga dilengkapi dengan beragam perpustakaan (library) yang kaya, sehingga membantu para pengembang dalam membangun aplikasi dengan lebih efisien.

Dengan perkembangan pesatnya penggunaan smartphone Android saat ini, Java juga menjadi bahasa pemrograman yang sangat penting, karena banyak aplikasi untuk perangkat Android dibangun dengan menggunakan Java. Oleh karena itu, banyak pengembang yang memilih Java sebagai bahasa utama mereka karena tingginya permintaan akan keahlian dalam bahasa ini.

3. C/C++

C

10 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia - Logo C
Logo C

C adalah salah satu bahasa pemrograman tertua, dikembangkan sekitar tahun 1970-an oleh Dennis Ritchie. Bahasa ini populer di Indonesia, terutama di kalangan perguruan tinggi dan lembaga kursus IT, dimana sering menjadi bahasa pemrograman pertama yang dipelajari. C dianggap fundamental dalam pemrograman karena menjadi dasar bagi bahasa lain seperti C#, Java, dan C++.

C++

10 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia - Logo C++
Logo C++

C++ adalah evolusi dari C, dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup. Meskipun kedua bahasa memiliki sintaks yang mirip, C++ berbeda dari C dalam hal pendekatan pemecahan masalah. C++ adalah bahasa pemrograman berorientasi objek, dimana masalah dibagi menjadi kelas-kelas, sedangkan C lebih fokus pada pendekatan prosedural. C++ populer di banyak perusahaan software besar, dan digunakan dalam pengembangan produk seperti Adobe, Firefox, dan sebelumnya Winamp.

4. JavaScript

10 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia - Logo Javascript
Logo Javascript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang awalnya dikembangkan oleh Netscape. Saat ini, JavaScript dominan digunakan dalam pengembangan web. Bahasa pemrograman ini memungkinkan pembuatan situs web yang interaktif dan menarik.

5. C#

10 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia - Logo C# (C Sharp)
Logo C# (C Sharp)

C# merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini mengintegrasikan konsep-konsep dari bahasa C dan C++. C# sering digunakan dalam pengembangan perangkat lunak yang berjalan di lingkungan platform Windows.

6. PHP

10 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia - Logo PHP
Logo PHP

PHP (PHP Hypertext Pre-processor) adalah bahasa pemrograman yang memiliki popularitas tinggi di Indonesia. PHP menjadi pilihan utama banyak pengembang karena sifatnya yang gratis dan juga karena dirancang khusus untuk membuat situs web yang dinamis menggunakan server-side scripting. Selain itu, banyak situs web terkenal seperti Facebook, WordPress, dan Digg juga mengandalkan PHP dalam pengembangan mereka. Rasmus Lerdrorf adalah pencipta pertama PHP.

7. SQL

10 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia - Logo SQL
Logo SQL

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa pemrograman utama dalam manajemen basis data. Populer di Indonesia, SQL digunakan untuk mengakses, mengelola, dan memproses data dalam berbagai sistem basis data, termasuk MySQL, PostgreSQL, dan Microsoft SQL Server.

SQL penting dalam pengembangan aplikasi, situs web, dan sistem informasi. Banyak perusahaan dan organisasi di Indonesia mengandalkan SQL untuk menyimpan, mengedit, dan mengambil data dalam basis data. SQL juga digunakan dalam analisis data, pelaporan, dan pemrosesan bisnis.

Sebagai bahasa standar dalam manajemen basis data, SQL diperlukan oleh pengembang perangkat lunak, administrator basis data, dan profesional TI untuk mengelola dan menganalisis data dengan efisien. SQL memainkan peran kunci dalam dunia teknologi informasi di Indonesia dan global.

8. Visual Basic

10 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia - Logo VB.NET
Logo VB.NET

Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang berasal dari Microsoft dan dirancang khusus untuk pengembangan perangkat lunak berbasis sistem operasi Windows. Bahasa pemrograman ini menawarkan lingkungan pengembangan visual (IDE) yang mempermudah pembuatan perangkat lunak. Visual Basic merupakan turunan dari bahasa pemrograman BASIC.

Pada tahun 2005, sebuah survei mengungkapkan bahwa sebanyak 62% pengembang perangkat lunak menggunakan Visual Basic dalam proses pengembangan perangkat lunak mereka. Hal ini menjadikan Visual Basic sebagai salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer pada saat itu.

9. Swift

10 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia - Logo Swift
Logo Swift

Swift adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Apple untuk pengembangan aplikasi pada platform mereka seperti iOS, macOS, watchOS, dan tvOS. Bahasa pemrograman ini dirancang dengan tujuan untuk menggantikan Objective-C, yang sebelumnya menjadi bahasa utama untuk pengembangan aplikasi Apple.

Swift menawarkan sintaksis yang lebih modern, mudah dipahami, dan lebih aman dibandingkan dengan Objective-C. Hal ini membuatnya sangat populer dalam komunitas pengembang Apple. Swift memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi yang efisien dan kuat dengan cepat.

Keunggulan Swift juga terlihat dari penggunaannya dalam pengembangan aplikasi yang sukses, termasuk aplikasi populer seperti WhatsApp, Airbnb, dan banyak lainnya. Bahasa pemrograman ini terus berkembang dan diperbarui oleh Apple, sehingga menjadikannya salah satu pilihan utama bagi pengembang yang ingin membuat aplikasi berkualitas tinggi untuk perangkat Apple.

10. Assembly Language

Assembly Language adalah bahasa pemrograman yang sangat rendah tingkatnya dan berhubungan langsung dengan arsitektur mesin komputer. Bahasa ini digunakan untuk menulis program yang dapat dieksekusi oleh unit pemrosesan pusat (CPU) komputer.

Dalam Assembly Language, instruksi-instruksi yang ditulis menggunakan kode mnemonik yang dapat dipahami oleh manusia, tetapi akan diubah menjadi kode biner yang dapat dimengerti oleh CPU komputer. Oleh karena itu, pemrograman dalam Assembly memungkinkan pengendalian yang sangat detail atas sumber daya perangkat keras komputer.

Meskipun Assembly Language dapat sangat kuat dan efisien dalam mengoptimalkan program, pengembang modern cenderung lebih memilih bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti C++, Java, atau Python karena lebih mudah digunakan dan lebih portabel antar platform. Namun, dalam beberapa kasus, terutama ketika performa dan pengendalian perangkat keras sangat kritis, pemrograman dalam Assembly Language masih digunakan.

Pengetahuan tentang Assembly Language sering kali diperlukan oleh pengembang perangkat keras, driver perangkat, atau dalam situasi di mana optimasi dan kontrol tingkat rendah diperlukan. Meskipun tidak sepopuler bahasa pemrograman tingkat tinggi, Assembly Language tetap relevan dalam dunia pemrograman komputer.


Comments

Jika anda menemukan hal yang membingungkan, jangan malu untuk bertanya melalui kolom komentar, penulis sangat menyukai feedback apalagi jika feedback tersebut dapat memperbaiki penulisan agar mudah dipahami oleh pembaca lainnya di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *