Damnthelion > Node JS > Install Node JS dan NPM di Windows
Node.js dan NPM - Featured Image

Install Node JS dan NPM di Windows

Node.js dan npm (Node Package Manager) adalah dua komponen yang berperan penting dalam pengembangan aplikasi berbasis JavaScript di sisi server (server side). Berikut adalah definisi dari Node.js dan npm. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara install node.js dan npm di windows, tetapi sebelum kita masuk kedalam langkah-langkah meng-install nya, mari kita sedikit perdalam pemahaman kita tentang node.js dan npm.

Node.js

Node.js adalah runtime environment JavaScript yang dibangun di atas engine JavaScript V8 dari Google Chrome sehingga memungkinkan developer untuk menjalankan kode JavaScript di sisi server, bukan hanya di browser.

Fungsi Utama

  • Menjalankan JavaScript di server, memungkinkan pengembangan aplikasi server side menggunakan JavaScript.
  • Menangani banyak koneksi secara bersamaan dengan model non-blocking I/O, yang membuatnya sangat efisien untuk aplikasi berkecepatan tinggi.

npm (Node Package Manager)

npm adalah package manager untuk Node.js, yang digunakan untuk mengelola dan mendistribusikan package (module atau library) JavaScript.

Fungsi Utama

  • Mengelola project dependency: npm memungkinkan pengembang untuk mendefinisikan dan mengelola project dependency mereka dalam file sebuah file package.json.
  • Men-download dan menginstal package: npm menyediakan cara mudah untuk men-download, menginstal, dan mengelola package JavaScript dari repository npm.
  • Menyediakan fitur script: npm memungkinkan developer untuk menentukan script khusus (seperti test script atau build script) dalam file package.json yang dapat dijalankan dengan mudah melalui terminal.

Contoh penggunaan umum Node.js dan npm adalah dalam pengembangan aplikasi web, server, atau tools package management dan package dependency.

Penting untuk dicatat bahwa Node.js dan npm sering digunakan bersama-sama dalam ekosistem pengembangan JavaScript. Node.js memungkinkan eksekusi JavaScript di sisi server, sementara npm menyediakan cara untuk mengelola dependency dan library yang diperlukan dalam pengembangan aplikasi menggunakan JavaScript.

Cara Install Node.js dan NPM di Windows

Untuk menginstal Node.js dan npm di Windows, berikut ini langkah-langkah cara install node.js dan npm di windows yang bisa kamu ikuti:

Download Node.js

Kunjungi situs resmi Node.js di https://nodejs.org/ dan download versi LTS (Long Term Support) yang stabil. Saat artikel ini ditulis, versi 20.10.0 LTS yang stabil adalah yang direkomendasikan.

Jalankan Installer

Installer Node.js
Installer Node.js

Buka file installer yang telah di-download dan ikuti langkah-langkah dalam proses instalasi. Klik Next, maka akan tampil “End-User Licence Agreement”, centang “I accept the terms in the License Agreement, lalu klik Next.

Tahap menentukan lokasi install Node.js dan npm
Tahap menentukan lokasi install Node.js dan npm

Untuk penentuan lokasi install Node.js, biarkan saja menggunakan lokasi default, klik Next. Lalu, pada “Custom Setup” juga biarkan konfigurasi default dan klik Next.

Konfigurasi lanjutan dari Node.js
Konfigurasi lanjutan dari Node.js

Biarkan “Automatically install necessary tools” kosong, lalu klik Next. Kemudian klik Install untuk melanjutkan proses instalasi.

Proses instalasi Node.js berjalan
Proses instalasi Node.js berjalan

Tunggu hingga proses instalasi Node.js selesai.

Install node.js dan npm selesai

Proses instalasi Node.js sudah selesai.

Proses instalasi Node.js selesai.
Proses instalasi Node.js selesai.

Periksa Instalasi

Setelah instalasi selesai, buka Command Prompt atau PowerShell, dan ketik perintah berikut untuk memastikan Node.js dan npm berhasil di-install:

node -v
npm -v

Perintah ini akan menampilkan versi Node.js dan npm yang terinstal jika instalasi berhasil.

Update npm (Opsional)

Perbarui npm ke versi terbaru dengan menjalankan perintah berikut:

npm install -g npm@latest

Perintah ini akan memastikan kamu menggunakan versi npm yang terbaru.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah berhasil meng-install Node JS dan npm untuk mulai mengembangkan aplikasi web server side ataupun untuk menjalankan library JavaScript populer seperti React JS.

Gunakan code editor terbaik seperti Visual Studio Code untuk mempraktekkan tutorial-tutorial koding yang ada di internet.


Comments

Jika anda menemukan hal yang membingungkan, jangan malu untuk bertanya melalui kolom komentar, penulis sangat menyukai feedback apalagi jika feedback tersebut dapat memperbaiki penulisan agar mudah dipahami oleh pembaca lainnya di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *