Damnthelion > Updates > Cyber Security dan Cybercrime: Ketahui Perbedaan
Ketahui Perbedaan Cyber Security dan Cybercrime - Featured Image

Cyber Security dan Cybercrime: Ketahui Perbedaan

Perbedaan Cyber Security dan Cybercrime – Mendengar istilah hacking terkadang terdengar keren, namun sebenarnya kegiatan ini dapat sangat merugikan dan tidak berguna. Pada pembahasan kali ini, kita akan menjelajahi perbedaan antara kejahatan cyber (cybercrime) dan keamanan cyber (cyber security), yang juga merupakan hal yang familiar dalam dunia hacking. Tanpa banyak kata, mari kita langsung membahasnya!

Apa Itu Cyber Security

Apa Itu Cyber Security
Apa Itu Cyber Security – Image by Darwin Laganzon from Pixabay

Menurut informasi dari situs Dicoding.com, Cyber Security berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu “cyber” yang berarti dunia maya, sedangkan “security” adalah keamanan.

Dapat disimpulkan bahwa cyber security adalah bentuk perlindungan terhadap pengguna internet yang terhubung pada jaringan internet. Ini mencakup hardware dan software yang digunakan sehari-hari.

Baca juga: Gaji Cyber Security di Indonesia: Rincian dan Kisaran Penghasilan

Pandangan Para Ahli tentang Cyber Security

Berikut adalah definisi cybersecurity menurut para ahli :

“Cyber security adalah serangkaian langkah yang diambil untuk melindungi suatu sistem, jaringan, dan program dari kerusakan, gangguan, atau akses tanpa izin”, Symantec.

“Kumpulan praktik, teknologi, proses, dan kebijakan yang dibuat untuk melindungi hardware, software, dan data dari akses tidak sah atau pencurian”, Gartner.

Contoh Cyber Security

Berikut adalah contoh praktik keamanan cyber dalam kehidupan sehari-hari :

“Anisa, seorang pegawai swasta, menggunakan email untuk komunikasi dan berbagi data pekerjaan. Suatu hari, Anisa menerima email yang meminta pemilik akun untuk melakukan verifikasi karena ada akses mencurigakan”,

“Dengan hati-hati, Anisa mengunjungi situs yang disertakan dalam pesan email tersebut. Anisa kemudian diarahkan ke situs web palsu yang menyerupai halaman login email, dan Anisa memasukkan username serta password email”,

Bahaya yang dapat terjadi adalah pelaku bisa mendapatkan akses ke kontak Anisa dan melakukan pesan spam atau penipuan. Jika Anda mengalami situasi serupa, segera ubah username dan password, dan beritahu teman-teman di daftar kontak Anda.

Apa Itu Cybercrime

Apa Itu Cybercrime
Apa Itu Cybercrime – Image by Cliff Hang from Pixabay

Merujuk kepada informasi dari kompas.com, yang ditulis oleh Dsril Aldo dan tim. Cybercrime adalah kejahatan yang timbul akibat pemanfaatan teknologi internet.

Dapat disimpulkan bahwa cybercrime adalah tindakan yang menyalahgunakan internet dan bertentangan dengan hukum. Ini dapat berdampak merugikan banyak pihak, termasuk pelaku bisnis dan individu.

Pandangan Para Ahli tentang Cybercrime

Menurut para ahli, berikut penjelasannya!

“Cybercrime adalah penyalahgunaan ilmu komputer untuk merencanakan, menyusup, menyebar, dan mencuri informasi atau sumber daya”, 2003: Kovacich & Halibozek.

Cybercrime dapat diartikan sebagai “kegiatan kriminal yang melibatkan komputer dan jaringan elektronik dengan tujuan merancang, mempersiapkan, menyusup, mencuri data, dan merusaknya”, 2006: Taylor, Caeti, Loper, Fritsch, & Liederbach.

“Cybercrime adalah kejahatan cyber yang melibatkan pengguna internet (TIK) dengan tujuan mengganggu, merampas, dan merusak data”, 2014: Aldrich & Duffield.

Contoh Cybercrime

Berikut adalah contoh kejahatan cyber dalam kehidupan sehari-hari: “Sasa, seorang pegawai bank, sering menggunakan email dalam aktivitas sehari-harinya. Suatu ketika, Sasa menerima email dari bank yang meminta segera memperbarui informasi login dengan ancaman bahwa akun akan diblokir jika tidak segera diperbarui”,

“Tanpa berpikir panjang, Sasa segera memperbarui informasi login akun tersebut. Sayangnya, email tersebut merupakan serangan phishing dan situs palsu yang dimanfaatkan oleh pelaku untuk melakukan transaksi pada rekening bank Sasa”,

Nah, itulah contoh kejahatan cyber yang sering terjadi di sekitar kita. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat membuka situs web!

Perbedaan Cyber Security dan Cybercrime

Cyber Security adalah upaya keamanan siber yang mencakup langkah-langkah dan teknologi untuk melindungi sistem komputer, jaringan, atau data dari ancaman siber dan akses tidak sah.

Sedangkan cybercrime merupakan kejahatan siber yang melibatkan aktivitas ilegal yang dilakukan oleh para hacker dengan memanfaatkan teknologi informasi dan jaringan komputer. Contoh: Pencurian data, penipuan online, dan penyebaran malware.


Comments

Jika anda menemukan hal yang membingungkan, jangan malu untuk bertanya melalui kolom komentar, penulis sangat menyukai feedback apalagi jika feedback tersebut dapat memperbaiki penulisan agar mudah dipahami oleh pembaca lainnya di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *