Damnthelion > Updates > Operasi CRUD: Apa Itu?
Operasi CRUD Apa Itu - Featured Image

Operasi CRUD: Apa Itu?

Walau sering diucapkan sebagai /krʌd/, CRUD bukanlah kata biasa. Ini adalah singkatan yang merujuk pada Create, Read, Update, dan Delete atau Destroy.

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan apa yang dimaksud dengan CRUD, serta arti dan fungsi masing-masing kata tersebut. Saya juga akan menunjukkan bagaimana operasi membuat, membaca, memperbarui, dan menghapus berfungsi dalam kehidupan nyata.

Baca juga: Belajar HTML dari Nol untuk Pemula: Buat dan Hosting Web-mu

Apa itu CRUD?

CRUD merujuk pada empat operasi dasar yang seharusnya dapat dilakukan oleh aplikasi perangkat lunak – Create, Read, Update, dan Delete.

Pada aplikasi semacam itu, pengguna harus dapat membuat data, mengakses data dalam antarmuka pengguna dengan membaca data tersebut, melakukan perbaruan atau mengedit data, dan menghapus data tersebut.

Pada aplikasi CRUD yang lengkap, terdapat 3 bagian: API (atau server), basis data, dan antarmuka pengguna (UI).

Struktur pengembangan yang melibatkan Client, Server dan Database
Struktur pengembangan yang melibatkan Client, Server dan Database – Image by Daniel Larimer via Medium

API berisi kode dan metode, basis data menyimpan dan membantu pengguna mengambil informasi, sedangkan antarmuka pengguna membantu pengguna berinteraksi dengan aplikasi.

Anda dapat membuat aplikasi CRUD dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman. Dan aplikasi tersebut tidak harus full stack – Anda dapat membuat aplikasi CRUD dengan JavaScript di sisi klien saja.

Struktur pengembangan yang melibatkan hanya Client dan Database, umumnya sering dilakukan menggunakan Javascript
Struktur pengembangan yang melibatkan hanya Client dan Database, umumnya sering dilakukan menggunakan Javascript – Image via LinkedIn

Bahkan, aplikasi yang akan saya tunjukkan cara kerja operasi membuat, membaca, memperbarui, dan menghapus dibuat dengan JavaScript di sisi klien.

Tiap huruf dalam akronim CRUD memiliki metode request HTTP yang sesuai.

OPERASI CRUDMETODE HTTP REQUEST
CreatePOST
ReadGET
UpdatePUT or PATCH
DeleteDELETE
Metode HTTP request dalam operasi CRUD

Apa itu Operasi CREATE dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Entri

n butir informasi atau data yang dimasukkan dalam daftar, buku, komputer, dan sebagainya: aplikasi analisis bisnis ini berisi ratusan ribu — di beberapa pangkalan data. Via KBBI.
Pada CRUD, operasi create melakukan apa yang namanya jelaskan. Ini berarti membuat suatu entri. Entri ini bisa berupa akun, informasi pengguna, pos, atau tugas.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, protokol HTTP yang mengimplementasikan operasi CREATE adalah metode POST.

Pada database SQL, untuk membuat entri adalah dengan menggunakan INSERT. Pada database NoSQL seperti MongoDB, Anda membuat dengan metode insert().

Apa itu Operasi READ dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Operasi READ berarti mendapatkan akses ke input atau entri dalam antarmuka pengguna. Artinya, melihatnya. Sekali lagi, entri bisa berupa apa saja mulai dari informasi pengguna hingga postingan media sosial, dan lainnya.

Akses ini bisa berarti pengguna mendapatkan akses ke entri yang baru saja dibuat, atau mencari entri tersebut. Pencarian diimplementasikan untuk memungkinkan pengguna menyaring entri yang tidak mereka butuhkan.

Protokol HTTP yang mengimplementasikan operasi READ adalah metode GET.

Pada database SQL, membaca berarti melakukan SELECT pada suatu entri. Pada database NoSQL seperti MongoDB, Anda membaca dengan metode find() atau findById().

Apa itu Operasi UPDATE dan Bagaimana Cara Kerjanya?

UPDATE adalah operasi yang memungkinkan Anda mengubah data yang sudah ada. Artinya, mengedit data tersebut.

Berbeda dengan READ, operasi UPDATE mengubah data yang sudah ada dengan melakukan perubahan pada data tersebut.

PUT dan PATCH adalah protokol HTTP yang dapat Anda gunakan untuk mengimplementasikan operasi UPDATE, tergantung pada kebutuhan Anda.

PUT sebaiknya digunakan ketika Anda ingin seluruh entri diperbarui, dan PATCH jika Anda tidak ingin seluruh entri dimodifikasi.

Pada database SQL, Anda menggunakan UPDATE untuk memperbarui suatu entri. Pada database NoSQL seperti MongoDB, Anda dapat mengimplementasikan fitur pembaruan dengan metode findByIdAndUpdate().

Apa itu Operasi DELETE dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Menghapus berarti menghilangkan suatu entri dari antarmuka pengguna dan basis data.

DELETE adalah protokol HTTP untuk mengimplementasikan operasi DELETE.

Pada database SQL, DELETE digunakan untuk menghapus suatu entri. Pada database NoSQL seperti MongoDB, Anda dapat mengimplementasikan penghapusan dengan metode findByIdAndDelete().

Kesimpulan

Artikel ini menunjukkan apa yang dimaksud dengan CRUD dan apa yang dilakukan setiap operasi individual dalam aplikasi CRUD.

Anda dapat memahami CRUD dengan cara berikut:

  • Anda membuat posting baru di sosial media, misalnya X – CREATE
  • Anda mendapatkan posting dari orang yang Anda ikuti atau dari rekomendasi algoritma X – READ
  • Anda memperbaiki kesalahan penulisan pada posting Anda – UPDATE
  • Anda merasa postingan yang Anda buat tidak perlu, sehingga Anda menghapusnya – DELETE

Comments

Jika anda menemukan hal yang membingungkan, jangan malu untuk bertanya melalui kolom komentar, penulis sangat menyukai feedback apalagi jika feedback tersebut dapat memperbaiki penulisan agar mudah dipahami oleh pembaca lainnya di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *